Sabtu, 20 September 2014

Penguat Push Pull

Penguat Balans (Push Pull) Kelas B

Pengertian Penguat Balans (Push pull) Kelas B

         Merupakan rangkaian penguat daya dengan 2 transistor , yang mempunyai keuntungan - keuntungan penguat daya maksimal kemudian turun menjadi seperlima dari daya bebannya , tanpa sinyal menjadi sekitar 1 persen dari Ic(sat) nya.
yang besar misalnya pada pemancar komunikasi , keuntungan kedua penting dalam sisem tenaga dengan baterei. konfigurasi balans push pull ini bertujuan untuk mencegah distor atau cacat sinyal pada output rangkaian penguat kelas B nya . Penguat balans push pull ini dapatdiaplikasikan pada penguat daya suatu transmitter radio komunikasi.


Gambar Rangkaian Penguat Balans (Push pull) Kelas B











            Prinsip Kerja Penguat Balans (Push Pull) Kelas B                  
titik beban penguat kelas B diletakkan pada titik B (titik cut-off),
berbeda dengan penguat kelas A . dengan kondisi seperti ini , maka ketika tidak ada sinyal masukan, maka transistor tidak mengkonsumsi arus listrik.
penguat kelas ini dikenal juga sebagai penguat push pull karena kerja dari pasangan transistor adalah bergantian. Penguat ini di terapkan sebagai penguat akhir , atau penguatan sinyal besar. ketika Vin berada dalam fasa positif maka hanya NPN yang ON , sedangkan ketika Vin berada dalam fasa negatif maka hanya PNP yang ON. akan tetapi karena bias tegangan transistor berasal dari sinyal Vin ,maka sinyal ini akan terpotong oleh tegangan VBE , sehingga keluarannya akan mengalami kecatatan(distori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar